cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
ISSN : 23553790     EISSN : 25794655     DOI : -
Core Subject : Education,
Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2021): BIONATURAL: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN BIOLOGI" : 5 Documents clear
PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMPELAJARAN IPA 1Syah Mohd. Hadiid Thaariq
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2021): BIONATURAL: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN BIOLOGI
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Group Investigation dapat berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada pempelajaran IPA Kelas V SD Negeri Ujung Fatihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaf dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang terdiri dari 22 orang kelas VA dan 22 orang kelas VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-T. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa keaktifan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Rata-rata nilai hasil observasi akhir siswa kelas eksperimen (VB) SD Negeri Ujung Fatihah adalah 44,68, sedangkan rata-rata nilai observasi akhi siswa kelas kontrol (VA) SD Negeri Ujung Fatihah adalah 38,05. Hal ini terbukti dengan hasil analisa data statistik “Uji t-Test” yaitu diperoleh nilai thitung (3,195) > ttabel (1.72074). Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada pempelajaran IPA Kelas V SD Negeri Ujung Fatihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Kata Kunci :Pengaruh, Group Investigation, Keaktifan Siswa, IPA.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP Khairil Hadi; Aja Putriani
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2021): BIONATURAL: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN BIOLOGI
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar biologi pada konsep klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilakukan dengan penggunaan metode Quasi Experimen (Experimen semu), dalam metode ini terdapat kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. kelompok ekperimen akan diberikan perlakukan khusus (variabel yang akan diuji) yaitu model Learning cycle sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan metode demonstrasi, yang akan dibandingkan hasilnya dengan perlakukan eksperimen. Adapun yang menjadi Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya pada tahun ajaran 2020/2021. Yang terdiri dari dua kelas dipilih secara random sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII-A dan satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas VII-B Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan beberapa tahap yang meliputi: uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji normalitas didapatkan hasil uji Kolmogorov-Smiwow dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. > 0,05 (0.200 > 0,05) dan data tersebut berdistribusi Normal. Sedangkan hasil uji homogenitas data didapatkan nilai Sig > 0,05 (0,253 > 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa data hasil belajar tersebut sama atau homogen. Dan berdasarkan hasil uji hipotesis data bahwa Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan model learning cycle terhadap hasil belajar biologi dibandingan dengan yang diajarkan metode demonstrasi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle (5e); Quasi Experimen (Experimen semu)
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERORIENTASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN\BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BIOLOGI SEL Rufa Hera; Chairul Fuadi; Ana Nissa
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2021): BIONATURAL: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN BIOLOGI
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:  (1) Pengembangan  LKPD berorientasi model discovery learning yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa; (2) Mengetahui kualitas dari segi tingkat validitas dan efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pokok bahasan sel kelas XI Mia 2 SMA Negeri 1 Meureubo. Model Dsicovery Learning diintegrasikan dalam Lembar Kerja Peserta Didik umtuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Mia 2 SMA Negeri 1 Meurebo. Instrument penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah instrument pengujian kevalidan berupa angket dan instrument pengujian keefektivan berupa angket respon peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data.Berdasarkan uji coba kevalidan LKPD yang dikembangkan berada pada kategori valid. Peseta didik juga memberikan respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan. Hal inimenandakanbahwa LKPD yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh  dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan efektif sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.Kata Kunci : LKPD, model 4D, Discovery Learning, keterampilan berpikir kritis siswa, critical thinkiil    
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT BERBASIS GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN Masyitah Masyitah; Nurlaili Nurlaili; Izwar Izwar
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2021): BIONATURAL: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN BIOLOGI
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar handout berbasis gambar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi jaringan tumbuhan dan mengetahui kelayakan bahan ajar handout dari segi kevalidan, kepraktisan dan mengetahui peningkatan motivasi sesudah siswa menggunakan handout berbasis gambar. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini juga disebabkan karena bahan ajar yang digunakan siswa belum menarik yaitu seperti buku paket. Indikator kurangnya motivasi belajar siswa yaitu siswa kurang aktif dalam belajar, cepat mengeluh ketika terlalu banyak soal yang diberikan guru, kurang minat dalam mencari informasi mengenai materi, dan siswa sulit dalam memahami materi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa SMA Negeri 1 Kaway XVI Kelas XI Mia 2 dan objek dari penelitian ini adalah kelayakan bahan ajar handout berbasis gambar materi jaringan tumbuhan dilihat segi kevalidan, kepraktisan dan meningkatnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitan pengembangan dengan model adaptasi dari Borg and Gall yaitu tahapan model pengembangan ini mencakup 10 tahapan, namun karena keterbatasan waktu, hanya langkah pertama sampai tujuh saja yang digunakan peneliti. Hasil penelitian ini adalah (1) kelayakan bahan ajar handout dilihat dari segi kevalidan diperoleh skor rata-rata keseluruhan oleh ahli materi 4,60 dengan kriteria “sangat valid”, ahli desain 4,20 dengan kriteria “valid” dan ahli guru 4,89 dengan kriteria “Sangat Valid”. (2) kelayakan bahan ajar yang dilihat dari segi kepraktisan dipreoleh skor rata-rata keseluruhan  4,2 dengan kriteria “Praktis”. (3) Motivasi belajar siswa sebelum pembelajaran termasuk dalam kategori  “cukup” dan menjadi “sangat tinggi”. Bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci:  Pengembangan, Motivasi Belajar, Bahan Ajar Handout, Berbasis Gambar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA MORFOLOGI TUMBUHAN Fetro Dola Syamsu; Ratna Sari
Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 8, No 2 (2021): BIONATURAL: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN BIOLOGI
Publisher : STKIP BINA BANGSA MEULABOH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Ujong Fatihah semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang terdiri dari 24 orang kelas IV-A dan 24 orang kelas IV-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-T. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil akhir rata-rata siswa melalui pembelajaran model inkuiri adalah 76,67, sedangkan rata-rata siswa dengan model pembelajaran konvensional adalah 65,83. Hasil belajar siswa lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat dibuktikkan melalui hasil analisa data statistik “uji t test” diperoleh hasil ttabel = 1,714 dan dari hasil perhitungan t-test  thitung = 2,923,  sehingga thitung > ttabel yang artiya adalah Hoditolak dan Haditerima. Berdasarkan selisih tersebut mengindikasikan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD N Ujong Fatihah pada pembelajaran IPA tentang morfologi tumbuhan. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis diterima. Kata Kunci :Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, IPA, Morfologi Tumbuhan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5